August 30, 2009

Go OSS (Open Source Software)

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

Sebagian besar pengguna komputer (jika tidak seluruhnya) pasti juga akan menggunakan program office dalam pekerjaannya, terlebih perusahaan. Apapun bidang sebuah perusahaan dan profesi Anda, program spreadsheet, program pengolah kata dan program presentasi, salah satu atau semuanya tetap diperlukan.

Sedikit saja permasalahan dijumpai ketika seseorang memulai untuk mencoba menggunakan OOS (Open Source Software) misalnya OOo Calc, tidak ada upaya untuk mencari tahu kecuali kembali kepada MS Excel dengan melahirkan pendapat bahwa yang berbayar tetap lebih mudah dari yang gratisan. Tidak sepenuhnya demikian!

Melalui blog ini, telah saya mulai sedikit menjadi bagian dari penggiat OSS khususnya OOo Calc. Berikutnya akan lebih intensif, dengan target informasi kepada pengguna MS Excel yang terlanjur terampil tetapi ragu untuk bermigrasi ke OOo Calc dengan alasan takut akan terjadinya penurunan kinerja. Berangkat dari alasan ini, untuk posting mendatang saya akan memberikan penyelesaian masalah yang kerap menjadi alasan seseorang kembali kepada MS Excel. Semuanya akan menggunakan label Go OSS.

Tutorial OOo Calc Gratis
Sebagian tutorial yang telah saya buat dan upload bisa Anda lihat dalam posting saya: Tutorial OpenOffice.org Calc (Indonesian).
Untuk mendapatkan keping CD tutorial ini dengan gratis, silakan kontak saya melalui facebook areebahu@gmail.com . Bagi yang berdomisili di Sidoarjo dan Surabaya boleh mengambilnya sendiri.

Semoga bermanfaat, sampai ketemu dalam posting berikutnya.Go OSS.

1 comment:

  1. wah..thanks y mas..izin sedot ya..
    salam GOS ya...:D
    chris

    ReplyDelete

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More