March 05, 2016

Kepingin Berduit

Tulisan ini hanyalah pendapat belaka. Bukan fatwa dan bukan propaganda. Syukur jika memberi manfaat, mohon dimaafkan jika tidak sependapat. Dan, halaman ini didesikasikan kepada temanku si ular naga yang kelelahan dalam pencarian, mohon diampuni.


Susah bikin judul yang pas, singkat kata, berawal dari kata kakek ane:
"Dadi wong urip iku kudu duwe panguripan, sanajan lagi turu, kudu ketemplekan duit"
(Orang hidup harus memiliki penghidupan, meski selagi tidur harus ketempelan uang).
Satu dialog antara ane selaku anak dengan ayah:
Ayah: "Carilah uang sebanyak-banyaknya, dan bawalah mati."
Anak: "Bagaimana caranya?"
Ayah: "Untuk banyak uang, tabunglah sedikitnya 100 USD saban harinya."
"Untuk membawanya mati, amalkanlah uangmu di jalan yang benar."

Penghidupan yang layak
Penghidupan dalam halaman ini = penghasilan. Penghasilan bisa terjadi dengan durasi:
1. Bulanan
2. Harian
3. Musiman dan,
4. Penghasilan tanpa durasi adalah sewaktu-waktu bisa datang dari langit. Tidak disangka-sangka.
Seseorang yang hanya memiliki penghasilan bulanan, lebih banyak resah mencari penggantinya pada saat-saat mendekati pensiun. Ane sebut "kebanyakan", tidak semuanya. Nah, sekarang, tidak perlu besok, mari kita ciptakan penghasilan yang lain.

Tidak semua yang menghasilkan harus melibatkan waktu Anda untuk hadir dan beraktifitas di tempat. Ada system, bisa dibeli; ada banyak orang lain yang membutuhkan pekerjaan, bisa dijadikan sekutu. Memang enak ngomong, benar sekali. Dan memang tidak enak menjadi pemimpi dan berpanjang angan sementara tidak ada yang pernah dimulai. Setiap hari melakukan hal-hal yang dikeluhkan.

Penghasilan Harian
Bisa buka toko, jual jasa, lakukan apapun yang hatimu disana dan ada orang yang mau beli. Modal? klise. Banyak orang menghabiskan lebih dari separoh penghasilan bulanan untuk cicilan HP, Laptop, Tab, Mobil, Android TV dan perabot sekunder yang diprimerkan. Sehingga tidak tersisa lagi untuk menanam sesuatu yang bisa menghasilkan.

Ane bukan pebisnis bidang IT, tetapi akan lebih banyak yang setuju bahwa ke masa mendatang, bidang IT menawarkan peluang lebih luas. Ane pernah beberapa lama bermain hardware dan masih berjejak sampahnya.
Ane bisa cerita sedikit tentang beberapa teman yang berada di dalamnya.

Di rumah buka jasa pengetikan dengan menggaji beberapa karyawan ketik. Setahun kemudian tambah kenalan sales, vendor, pelanggan dari banyak profesi. Kemudian  terima jasa perbaiki PC, laptop, printer yang tidak dikerjakannya sendiri, tetapi dikirim kepada ahlinya. Selain dia dapat margin, dia juga dapat fee.
Karena ingin menjadi ahli, diapun sekolah private urusan laptop dengan tarip sejuta lebih untuk satu pertemuan. Sekarang, dia menjadi rujukan banyak institusi yang menggunakan alat berprocessor: pabrik, rumah sakit, laboratorium, dengan tarif belasan juta sekali kedatangan.

Penghasilan musiman
Bertani, piara kambing sapi, buka kandang broiler? opo wae. Atau mungkin ada yang gemar menambang uang di cyber, modal server seharga sapi jantan import atau seharga motor sport milik Anda. Apa sajalah, yang penting memulai.

Lagi, singkat kata, penghasilan ideal tahun ini adalah 27.500.000 IDR per bulan. Ini masih takaran ideal, dan masih belum mampu untuk menabung 100 USD saban harinya. Penghasilan yang dari gaji bulanan mungkin kurang dari separohnya, yang pasti penghasilan lain harus lebih banyak.

Jangan lupa beramal, bayar pajak, dan hindari bergaya hidup aneh-aneh. Dan hati-hati, hanya satu alasan untuk berhasil: Jangan banyak alasan!

Terakhir, satu dasawarsa menjelang pensiun, boleh berangan mau keliling dunia, bukan panik mencari 'pandangan' dalam hari yang makin petang. Yang seandainya keadaan memaksa Anda untuk meninggalkan penghasilan bulanan, bisa jadi justru membuat diri Anda semakin kokoh.

Jangan percaya sebelum mencoba.

2 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More