October 15, 2009

Hambatan Pemanfaatan TIK untuk Pendidikan

Berangkat dari semakin banyaknya tugas sekolah yang mengharuskan siswa menggunakan fasilitas internet, berangsur bisa dirasakan manfaatnya oleh banyak pihak. Bahkan, sebagian tugas ada yang tidak disampaikan secara langsung, melainkan siswa harus aktif mengunjungi web sekolah secara periodik. Di sini kita bisa melihat ada manfaat yang berkembang.

Tetapi ternyata ada hambatan serius yang datangnya justru dari pihak orang tua. Saya ada beberapa pengalaman tentang ini. Saya memiliki kegiatan tambahan memberikan les private komputer. Kejadian ini terjadi kepada salah satu murid saya -sebut saja Ani-. Ani adalah siswi SMU dari keluarga berada. Tetapi orang tuanya memberikan batasan yang berlebihan kepada Ani dalam satu hal: Internet. Perangkat yang bisa digunakan untuk akses internet seperti hand phone juga dijauhkan dari kehidupan Ani. Sedangkan dalam pemenuhan tugas sekolah yang harus menggunakan internet, orang tua Ani memilih membayar saya untuk melakukannya.

Bagi orang tua Ani, hanya hal negatif yang ada di internet. Dengan pendekatan dan menunjukkan hal-hal yang saya pertimbangan bisa merubah pandangan orang tua Ani, akhirnya sekarang Ani mendapatkan haknya untuk belajar lebih banyak dari internet.

Semula saya beranggapan orang tua Ani adalah sosok unik, ternyata tidak. Saya pernah menjumpai seorang Ibu sedang menyeret anaknya ke luar dari sebuah warnet, sambil mengumpat kepada petugas warnet. Bahkan ibu ini mengatakan kepada anaknya bahwa warnet itu adalah tempat maksiat.

Dari beberapa teman kerja saya yang anaknya beranjak remaja juga banyak yang menanyakan kepada saya perihal anaknya yang minta ijin ke warnet. Kelompok orang tua ini saya yakin tidak sedikit jumlahnya. Mereka memiliki pandangan yang salah terhadap sesuatu yang dia sendiri tidak sedikitpun tahu.

Apakah kelompok orang tua ini sudah menjadi sasaran Pendidikan Masyarakat? Propaganda memasyarakatkan TI untuk pendidikan sudah seharusnya mencakup permasalahan ini. Karena para orang tua dalam tulisan ini juga memberikan pengaruh kepada para orang tua lain.
* http://areebahu.blogspot.com *

2 comments:

  1. Yth Pak Yani.

    Saya izin copaste artikel bapak untuk digunakan di http://sas.openthinlabs.com ya ?

    Terimakasih ..

    ReplyDelete

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More