April 11, 2009

Gerhana Matahari (Solar Eclipse)

Posting buat si bungsu Shan-Yu (Digshanyu Areebahu Anantha)
Download artikel ini dalam format MS Word, klik di sini.

Waktu kelas 4, dilanjut kelas 6 SD, pas guru IPA mengajarkan tentang gerhana, mungkin pas Anda bolos sekolah. Atau Anda masuk, tetapi pas mata guatal oleh kantuk yang gak lagi ketahan. Tetapi toh bagi sebagian besar orang pengetahuan tentang gerhana tidak memiliki manfaat lebih dari untuk menjawab pertanyaan anak (komentar pribadi lho.. jangan komplain). Dan bisa-bisa, Anda nyasar ke blog ini lantaran permintaan anak untuk tugas sekolah(?). Semoga ada gunanya.

Kalimat yang panjang tidak selalu merupakan penjelasan yang efektif. Pendek saja, asal padat dan enak. Seperti penthol.

Gerhana Matahari terjadi ketika piringan matahari tertutupi oleh bulan. Atau ketika cahaya matahari ke bumi terhalangi oleh bulan. Cerita mudahnya demikian: Pada siang hari kamu bisa lihat matahari bukan? Nah, jika ada bulan menutupi penglihatanmu kepada matahari, inilah terjadinya gerhana matahari. Tertutupnya piringan matahari oleh bulan bisa membuat piringan matahari tidak terlihat sedikitpun. Bisa juga hanya terlihat sebagian. Seberapa besar bagian piringan matahari yang terlihat, adalah yang membedakan jenis-jenis gerhana matahari.

Fase Gerhana Matahari

Gerhana matahari berlangsungnya hanya beberapa menit (kurang lebih 6 menit) mulai kepingan matahari masih tampak penuh, kemudian berangsur-angsur tertutupi, sampai kemudian kepingan matahari berangsur tampak penuh kembali. Peristiwa itulah yang disebut fase gerhana matahari. Kenampakan matahari pada fase-fase tersebut adalah seperti gambar berikut:

Fase-fase terjadinya gerhana matahari.

Macam-macam Gerhana Matahari
Tanggal 26 Januari 2009 kemarin, telah terjadi gerhana matahari cincin di Indonesia. Kenampakan gerhana ini bisa dilihat dengan sempurna hanya di beberapa daerah saja: Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat,
Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tengah. Wilayah lain di Indonesa akan menyaksikan gerhana matahari sebagian. Mengapa hanya beberapa wilayah? Perhatikan gambar berikut:

Kenampakan gerhana matahari akan terlihat berbeda bagi Agus, Tono dan Banu.

Di atas adalah 2 gambar terjadinya gerhana matahari. Jarak antara bulan dengan bumi akan membedakan jenis gerhana matahari yang terjadi. Pada gambar sebelah kanan, gerhana matahari terjadi pada saat posisi bulan lebih dekat dengan bumi dibandingkan dengan gambar sebelah kiri.
  1. Gerhana Matahari Total (total eclipse)
    Gerhana matahari total adalah peristiwa tertutupnya seluruh piringan matahari oleh bulan. Peristiwa ini bisa dilihat dari daerah Tono tinggal (lihat gambar2 B).



  2. Gerhana Matahari Cincin (annular eclipse)
    Gerhana inilah yang terjadi tgl. 26 Januari 2009 kemarin. Disebut cincin karena pada saat gerhana berlangsung, piringan matahari terlihat tampak menyerupai cincin.
    Karena bertepatan dengan jarak bulan yang jauh dari bumi, menjadikan piringan bulan tampak lebih kecil dan tidak bisa menutupi piringan matahari sepenuhnya. Peristiwa ini bisa disaksikan dari daerah Tono tinggal (lihat gambar2 A).

  3. Gerhana Matahari Sebagian (partial eclipse)
    Gerhana inilah yang terjadi di daerah Agus dan Banu tinggal (lihat gambar 2). Piringan matahari masih terlihat sebagaian.

Karena bertepatan dengan jarak bulan yang jauh dari bumi, menjadikan piringan bulan tampak lebih kecil dan tidak bisa menutupi piringan matahari sepenuhnya. Peristiwa ini bisa disaksikan dari daerah Agus dan Banu tinggal (lihat gambar 2).

Istilah-istilah
Dengan melihat pada Gambar 2 di atas sebenarnya sudah jelas bisa dipahami.
  1. Umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah ketika terjadi gerhana. Pada daerah bumi yang terkena bayangan umbra akan sangat gelap.
  2. Penumbra adalah bayangan kabur ketika terjadi gerhana.
  3. Antumbra adalah perpanjangan dari bayangan inti (umbra).

1 comments:

Mas, Yani...
kaatanya kalo kita lihat gerhana matahari secara langsung dapat menyebabkan buta. Betul ya??

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More