April 12, 2009

Scurity Warning: “Macros may contains viruses”

Area of Interest: OOo Calc

Pernah dibuat kesal dengan pesan seperti gambar berikut ?


Pesan bisa muncul tidak persis sama seperti gambar di atas, bergantung setting scurity dan versi Openoffice Anda. Pesan ini sempat menjadikan sebagian orang ketakutan oleh adanya kata “viruses” di dalam pesan. Sebagian dari sebagian orang ini takut jangan-jangan ada virus betulan, dan sebagian yang lain takut didakwa telah melakukan hal yang tidak benar dengan komputer milik perusahaan. Komunikasi data yang deras dari dan ke banyak pihak memaksa siapa saja untuk menggunakan data yang dicreat oleh orang lain. Jika di dalam komputer Anda tidak ada MS Excel dan Anda menerima data yang dicreat dengan MS Excel, atau sebaliknya, adalah alasan utama munculnya pesan “Macros may contain viruses”. Singkatnya, pesan ini muncul ketika OOo Calc membuka file yang mana file ini dicreat dengan MS Excel. Ini adalah kemungkinan pertama.

Mengapa demikian? Anda bisa menemukan jawabannya di OpenOffice.org Help dan lakukan pencarian dengan kata kunci Original Basic Code. Posting ini tidak membahas latar belakang bagaimana terjadinya, melainkan bagaimana menyelesaikannya. Langkah yang perlu dilakukan untuk membunuh pesan ini (sekaligus membunuh ketakutan Anda) adalah:

Mulai dengan menjalankan menu Tools*Options... maka muncul jendela seperti gambar di bawah. Lanjutkan mengikuti tutorial dalam gambar berikut:

Langkah terakhir adalah menyimpan file tersebut. Simpan dengan nama yang sama dan replace. Simpan dengan nama lain jika Anda masih ragu. Karena file disimpan dengan file type MS Excel, maka akan muncul pesan seperti pada gambar di bawah:

Lakukan uji coba dengan menutup file tersebut, dan membukannya kembali. Semoga berguna.

No comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More