March 21, 2009

Berfikir Sederhana untuk Kedepan

Bt, suntuk, jenuh, terus-terusan mikirin peluang usaha? Jika iya, yaqin dech, Anda mikirnya sudah dari duluuu sekali. Sampai saat baca artikel inipun juga masih mikiiir mulu. Tapi gak pernah ngapak-ngapak. Makanya, sesekali think BLACK dong...

Berapa batang Djarum Black sudah Anda udut hari ini? Coba yang Djarum Black Slimz, ya? Nikmati sambil baca pemikiran ini.

Ide tulisan ini muncul setelah kemarin waktu istirahat di kantor ada teman berkomentar gara-gara melihat rokok di tanganku: "Wah.. wah.. wah.. BLACK terus rek saiki!" (BLACK terus ya sekarang). Yang berlanjut kemudian dengan saling menyuarakan keluh kesahnya.

Keluh-kesah, penyesalan, ratapan, kebutuhan untuk didengar dan lain-lainnya lagi yang tidak perlu bagiku menulisnya. Merekapun saling bertanya peluang usaha apa yang bagus?! Tetap saja pertanyaan yang sama. Padahal kebanyakan mereka gemar membaca buku motivasi untuk karir, bisnis, kaya...

Bagiku tidak perlu banyak membaca buku tentang peluang bisnis atau kisah-kisah orang berhasil. Jikapun membaca cukup untuk wawasan, bukan untuk ditapaki. Kaya hanya diperuntukkan kepada yang bersungguh-sungguh dan tetap bekerja keras. Piara tuyul sekalipun, gak ada ceritanya uang datang sekonyong-konyong. Mau diatur bagaimana laporan pajaknya?

Percayalah bahwa perusahaan tempat bekerja seumpama iklim, bukan cuaca. Iklim tidak seperti cuaca yang berubah-ubah. Sekali tropis, selamanya demikian. Jika tidak bisa hidup di dalam iklim tempat bekerja, mestinya tidak dipaksa-paksa. Jadinya akan terus memaki tempat bekerja, sementara setiap pagi kembali ke sana, sepanjang tahun.

Mari mengikuti pikiran Si Fulan yang sederhana ini:
Si Fulan sudah 8 tahun bekerja. Keadaanya sekarang tidak berbeda dengan 4 tahun yang lalu. Tetap memiliki angsuran yang tak kunjung lunas bahkan tambah berat, tetap dengan ketrampilan yang hanya sebatas copy paste di dalam MS-Excel. Padahal, dalam masa 4 tahun itu telah menjadikan banyak sarjana baru. Syukurlah Si Fulan menyadari betapa 4 tahun terakhir adalah kesia-siaan.

Kawan, sekarang tentukan keadaan apa yang Anda inginkan untuk 4 tahun mendatang. Jangan terulang 4 tahun berikutnya ngglundung semprong seperti yang sudah. Jika menginginkan menjadi programmer, ahli bahasa, apa saja, mulailah. Ingat, lulusan SMU yang sekarang memutuskan untuk masuk informatika, kemampuan Excel mereka dibawah Anda. Ayo mulai, atau Anda akan menyesal jika anak SMU ini menjadi atasan Anda 5 tahun ke depan. Untuk belajar tidak harus duduk di bangku kuliah. Anda bisa melakukannya di ruang tamu di rumah.

Renungkanlah.

No comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More